Wali Songo

Sunday, January 4, 2009

Mengingat wali songo sangatlah besar perjuangannya untuk memperkenalkan ISLAM di pulau Jawa... Abangku ada niat untuk Tour de Walisongo... so aku browsing deh... hmmm sebenarnya Walisongo itu siapa saja... dan dimanakah mereka...???


1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
Lokasi :
Makamnya kini terdapat di desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.

2.Sunan Ampel atau Raden Rahmat
Lokasi :
Lokasi makam Sunan Ampel terletak didalam komplek masjid Jami Ampel di Surabaya

3.Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
Lokasi :
Lokasi Makam Sunan Bonang terletak di Bonang adalah desa di kecamatan Panyingkiran, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

4.Sunan Drajat atau Raden Qasim
Lokasi :
Makam Sunan Drajat dapat ditempuh dari surabaya maupun Tuban lewat Jalan Dandeles ( Anyer - Panarukan ), namun bila lewat Lamongan dapat ditempuh 30 menit dengan kendaran pribadi.

5.Sunan Kudus atau Jaffar Shadiq
Lokasi :
Jafar Shodiq atau Sunan Kudus dimakamkan di Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Di samping puluhan makam di kawasan itu terdapat pula makam putra Sunan Kudus yaitu Pangeran Palembang. Makam Sunan Kudus sendiri terdapat di tengah-tengah bangunan induk berbentuk joglo.

6.Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin
Lokasi :
Beliau dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.

7. Sunan Kalijaga atau Raden Said
Lokasi :
Ketika wafat, beliau dimakamkan di Desa Kadilangu, dekat kota Demak (Bintara). Makam ini hingga sekarang masih ramai diziarahi orang.

8.Sunan Muria atau Raden Umar Said
Lokasi :
Makam Sunan Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Ziarah ke makam Sunan Muria yang berjarak sekitar 30 kilometer arah utara dari KMMK (Kompleks Masjid Menara Kudus)

9.Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
Lokasi :
Kawasan Perziarahan makam Sunan Gunung Jati yang terletak di desa Astana kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon yang di lintasi jalur Cirebon Indramayu. Kawasan ini telah di kenal luas,bahkan hingga ke mancanegara. kawasan ini potensial untuk di tingkatkan menjadi obyek wisata utama,dan tempat ziarah di Cirebon pada khususnya dan untuk pengunjung luar juga pada umumnya, di samping tetap melestarikan sebagai tempat peziarahan.

Nah... sekarang mikir and buka PETA JAWA mana dulu yang mau disinggahin ke TIMUR... apa ke BARAT dulu ne....??? tapi so pasti mau ke MALANG... tunggu aja kabar selanjutnya... silahturahim ke tempat eyang and wisata rohani... InsyaAllah...

linknya

0 comments:

Post a Comment