hindari ANXIETY DISORDER

Monday, January 12, 2009


Konflik dengan superego akan menimbulkan luka psikologis yang dalam. Mungkin luka ini dibenamkan ke dalam bawah dasar kita, tetapi ia tidak pernah hilang. Ia akan menghantui seluruh hidup kita. Perasaan berdosa (guilty feeling) menimbulkan gangguan fisik dan psikologis.
Pada saat demikian maka diri Anda RUSAK. Para psikologis menyebut kerusakan ini sebagai anxiety disorder.
Mereka bercerikan:
1. Aku sering terganggu dengan detak jantungku
2. Gangguan kecil saja merangsang sarafku dan menyiksaku
3. Aku sering tiba-tiba dilanda ketakutan tanpa alasan yang jelas
4. Aku terus menerus cemas dan putusa asa
5. Aku sering merasa santar lelah dn betul-betul kehabisan tenaga
6. Aku selalu sulit mengambil keputusan
7. Sepertinya aku takut pada segala hal
8. Aku merasa gugup dan tegang terus menerus
9. Aku tidak dapat mengatasi kesulitanku
10. Aku terus menerus merasa tertekan
Jika Anda termasuk dalam ciri diatas maka Anda sedang mempercepat kehancuran diri Anda sendiri. Salah satu penyebab semua itu adalah perasaan bersalah.
Menurut ajaran Islam, semua kejelekan yang Anda lakukan itu menghapus semua kebaikan. Anda membangun, sekaligus menghancurkan, Inilah yang diperingatkan Al-Quran:
Janganlah kamu berperilaku seperti perempuan yang mengurai tenunannya setelah ia memintalnya dengan teguh.
Jika Anda hentikan kejelekan, perbanyaklah kebaikan. Tanamkan amal shaleh akan rusak karena hama kesalahan.

The Road to Allah

1 comments:

Anonymous said...

Good Article for me

Post a Comment